cover
Contact Name
Ika Devy Pramudiana
Contact Email
jimpks6@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jimpks6@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
ISSN : 25811231     EISSN : 25977334     DOI : -
Core Subject : Social,
editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been published in journals or other scientific media either in Indonesia or abroad.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021)" : 6 Documents clear
Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sungai Brantas Kota Surabaya Pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Prianggoro, Jarot; Agus Subianto; Sri Umiyati; Lunariana Lubis
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3213

Abstract

Objek penelitian adalah implementasi kebijakan pengelolaan sungai pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, khususnya Sungai Brantas yang mengalir melalui Kota Surabaya. Kebijakan Pengelolaan Sungai telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2016 yang mencakup konservasi, pemanfaatan dan pengendalian kerusakan air. Kondisi sungai Brantas telah tercemar oleh aktivitas masyarakat, oleh karena itu diperlukan pengawasan dan pencegahan pencemaran sungai dalam konservasi sungai yang mana standar kualitas air sungai menjadi syarat untuk kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis implementasi kebijakan pengelolaan sungai di Kantor Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur; dan (2) menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan. Teori Merillee S. Grindle yang digunakan dalam penelitian ini dalam mendefinisikan keberhasilan implementasi kebijakan adalah Isi Kebijakan dan Konteks Implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus dalam pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan dikembangkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sungai Brantas di hilir Kota Surabaya yang meliputi pencegahan pencemaran akibat pembuangan sampah dan air limbah belum optimal sehingga perlu adanya keterpaduan sinergi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder dalam rangka mencapai tujuan implementasi kebijakan.
Analisis Konsep Kebijakan Publik Studi Kasus Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) Monica, Sri Devi
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3396

Abstract

Kebijakan publik adalah suatu aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk dikerjakan maupun tidak dikerjakan, peraturan itu dibuat berawal dari gejala – gejala yang terjadi pada masyarakat atau melihat perkembangan dari masyarakat. Adanya pelaksaan kebijakan publik yang baik tentulah sangat diharapkan masyarakat, Namun pada pelaksanaannya dilapangan masih terdapat kendala baik itu pada institusi pemerintahan maupun lembaga yang melaksanakan
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kepada Masyarakat Pembuat Akte Kelahiran di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari Abror, Daimul; Lu'lu'ul Hidayah
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3487

Abstract

Dalam penyelenggaraan pelayanan public aparatur pemerintah bertanggung jawab memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka mewujudkan kesehjateraan masyarakat seperti pelayanan administrasi kependudukan yang merupakan kegiatan pelayanan kompleks mencakup penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan salah satu contohnya yaitu pembuatan akta kelahiran. Penelitian ini bertujuan mengukur sebagaimana kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran yang diberikan kepada masyarakat di Dispendukcapil Kecamatan Purwosari ini. Metode yang digunakan dalam tulisan ini yaitu tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan juga sumber data yang diperoleh berasal dari data sekunder. Akte kelahiran merupakan dokumen penting sebagai pengakuan haknya dan sebagai bukti adanya kelahiran bayi dalam keadaan hidup. Pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan dirasa sudah baik, akan tetapi ada beberapa kendala seperti tidak pahamnya masyarakat tentang persyaratan pembuatan akte kelahiran dan prosedur yang dijalankan . Kurang sosialisasi tentang betapa pentingnya dokumen kependudukan salah satunya akte kelahiran, menyebabkan kesalahpahaman yang banyak terjadi ketika sedang mengurus dokumen tersebut. Kesalahpahaman dalam pelayanan pembuatan akte kelahiran pada masyarakat di Dispendukcapil Kecamatan Purwosari ini merupakan fenomena yang banyak terjadi pada sektor pemerintahan secara global, sehingga masyarakat mengganggap kurangnya pelayanan yang diberikan. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Akte Kelahiran
Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19 mahardhani, ardhana januar
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3522

Abstract

Pandemi Covid-19 juga merubah tata laksana pemerintah dari berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan perubahan terjadi sangat signifikan, hal ini dikarenakan proses belajar mengajar menjadi berbasis online atau melalui hybrid learning. Tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar, banyak layanan dalam bidang pendidikan yang harus diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Tulisan ini disusun menggunakan metode kepustakaan dengan menggunakan berbagai sumber diantaranya penelaahan terhadap buku, artikel, catatan, serta berbagai laporan. Dari hasil penelusuran diketahui bahwa pemerintah memberikan lima layanan dalam bidang pendidikan diantaranya relaksasi Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), platform guru berbagi, penyediaan kuota internet, kurikulum darurat, dan fasilitas pembelajaran.
Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Sebagai Langkah Taktis Penanganan Dan Pencegahan Covid-19 Gamaputra, Gading; Prasetyawan, Agus; Isbandono, Prasetyo; Lestari, Yuni; Fitria Putri, Alvionita; Hidayatullah, M Syarif; Noviyanti
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3718

Abstract

The increase in cases of Corona Virus Disease 2019 (covid-19) has led the Central Government to the Village Government to issue regulations regarding covid-19. Implementation of handling and preventing Covid-19 using a communication strategy canalizing techniques. The trick is to gather various village stakeholders and village organizations to form a Task Force and Volunteer. The task force and volunteers have the goal of inviting the community to carry out a joint movement in breaking the chain of spreading Covid-19. The Covid-19 Task Force and volunteers also formed a posyandu for youth groups and health cadres consisting of mothers. Stakeholders such as village officials, village consultative bodies, youth organizations, youth mosques, task forces and the Health team, through coordination meetings, produced several programs as a step to accelerate the spread of covid-19. Programs such as spraying disinfectants, counseling on healthy living habits, socializing the handlers of covid-19, implementing physical distancing, handling covid-19 posts, distributing cloth masks, and making isolation rooms. The communication strategy used by Kesamben Village has proven successful in inviting the community to prevent the acceleration of the spread of Covid-19 and to increase public awareness of the importance of implementing health protocols. Increasing public awareness such as using masks when leaving the house as a habit, applying physical distancing and adopting clean and healthy living habits. This type of research used in this research is descriptive qualitative, the researcher uses interview techniques, observation and documentation.
Implementasi Program Naval Base Open Day (NBOD) Di Komando Armada II Cahyanto, Indra Dwi
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3810

Abstract

Salah satu metode komunikasi sosial TNI adalah dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI termasuk pada program NBOD ini, dimana masyarakat dilibatkan baik sebagai peserta lomba, bagian dari pelaksana, maupun hanya sebagai pengunjung. Sehingga dalam program ini terdapat kebersamaan sipil - militer saja seeara fisik, tetapi juga emosional karena dalam kegiatan yang sama. Namun setelah bertahun-tahun, pelaksanaan program NBOD ini, perlu dilakukan pengembangan kegiatan sehingga dapat memebrikan manfaat yang lebih lagi masyarakat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan dan mendiskripsikan: (i) implentasi program NBOD, (ii) faktor - faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut, dan (iii) Strategi pengembangan program NBOD di Koarmada IIkedepan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanasi dengan menggunakan teori implementasi George Edaward III. Hasil penelitian menunjukkan: vaiabel: komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi memberikan dukungan yang positif, sehingga program dapat terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan. Faktor - faktor pendukungProgram ini adalah dukungan kebijakan, anggaran, semangat / disiplin implementor, fasilitas dan materi Koarmatim serta dukungan masyarakat baik sebagai kelompok sasaran program maupun sebagai bagian dari implementor.Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggaran pemerintah dan kepadatan lalu lintas selama pelaksanaan program NBOD.Strategi pengembangan program NBOD kedepan di Koarmada II adalah penambahan kegiatan - kegiatan berupa: Bhakti TNI, Bintahwil (Pembinaan Ketahanan Wilayah), Joy Sailing , Sailing Pass , lomba - lomba berbasis kemaritiman, seminar dan pelatihan praktis pemberdayaan masyarakat pesisir dan peningkatan kolaborasi Koarmatim dengan badan usaha dalam pelaksanaan program NBOD.

Page 1 of 1 | Total Record : 6